Periksa Jajanan Takjil, BPOM Gorontalo Kembali Bagi-Bagi Celemek
14 April 2021 17:11
Berita Aktual

Dalam upaya melindungi masyarakat dari peredaran pangan olahan yang Tidak Memenuhi Syarat, selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2021, Balai POM di Gorontalo melakukan intensifikasi pengawasan dengan target makanan jajanan Berbuka Puasa (Takjil) di Wilayah Kota Gorontalo. (14/04)

Kepala Balai POM di Gorontalo, Agus Yudi Prayudana,S.Farm.,Apt. diikuti Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, Dinas Pangan Kota Gorontalo, Diskumperindag Kota Gorontalo serta Anggota SAKA POM Gorontalo, turun langsung memastikan keamanan takjil yang dijajakan oleh Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) di sepanjang jalan Kompleks Universitas Negeri Gorontalo.

Intensifikasi pengawasan pangan ini dilakukan dengan melakukan Sampling dan Pengujian cepat Takjil menggunakan Rapid Test KIT, kegiatan ini juga bertujuan membina UMKM pangan agar dapat menjajakan pangan olahannya secara baik, aman dan bermutu. Selain itu, Dalam kegiatan ini BPOM Gorontalo melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan terhadap Penjaja Takjil, serta memberikan celemek dan penjepit makanan sebagai alat untuk menjaga kebersihan, serta penyanitasi (Handsanitizer) tangan dalam upaya menjaga kebersihan saat melayani pembeli.

Total takjil yang di uji menggunakan Rapid Test KIT (alat uji cepat) di mobil laboratorium keliling berjumlah 46 sampel yang terdiri dari aneka kudapan, minuman, dan lauk pauk dengan Hasil Pengujian Negatif mengandung Bahan Berbahaya atau Memenuhi Syarat (MS) dan atau Bebas dari Bahan Berbahaya.

Balai POM di Gorontalo