Tamboo Lolos 7 Besar Lomba Desa Pangan Aman Nasional
29 Mei 2021 07:37
Berita Aktual

Desa Tamboo, Bone Bolango berhasil menembus 7 besar nominator Lomba Desa Pangan Aman tingkat Nasional mewakili Provinsi Gorontalo. Desa Tamboo menyingkirkan 27 desa lain yang merupakan perwakilan dari seluruh provinsi se-Indonesia. Lomba Desa Pangan Aman ini merupakan program Badan POM untuk mengapresiasi desa yang telah menerapkan keamanan pangan secara mandiri.

Jumat (28/5), dilakukan verifikasi oleh tim penilai yang berasal dari Badan POM dan Kementerian Dalam Negeri. Verifikasi ini untuk melihat langsung kondisi di lapangan terkait penerapan keamanan pangan di Desa Tamboo. Wakil Bupati Bone Bolango, Dr. Merlan S. Uloli dalam sambutannya saat membuka kegiatan verifikasi menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bone Bolango sangat mengapresiasi dan mendukung program Desa Pangan Aman yang diinisiasi oleh Badan POM karena sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat khususnya dalam penjaminan penyediaan pangan yang aman dan bermutu. “Program Desa Pangan Aman sinergi dengan program unggulan kami yaitu percepatan pembangunan desa sebagai basis pertumbuhan. Alhamdulillah, Desa Tamboo telah melaksanakan Program Desa Pangan Aman dengan baik dan sesuai harapan, bahkan berhasil lolos 7 besar tingkat nasional. Apa yang telah dicapai oleh Desa Tamboo ini merupakan prestasi yang membanggakan karena untuk menembus 7 besar tingkat nasional bukan perkara yang mudah”, ujarnya. Merlan menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bone Bolango berkomitmen untuk mereplikasi Program Desa Pangan Aman karena melihat manfaat yang telah diberikan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Tamboo, Kisman Daud menyampaikan bahwa Program Desa Pangan Aman telah memberikan pengetahuan dan manfaat yang signifikan kepada masyarakat. Mulai dari ibu rumah tangga, remaja, pelaku usaha kios/warung, industri rumah tangga pangan, pedagang kreatif lapangan dan komunitas sekolah telah mendapatkan informasi dan berusaha mempraktekkan prinsip keamanan pangan dengan sebaik-baiknya. Melihat banyaknya manfaat program ini kepada masyarakat, Desa Tamboo berinisiatif untuk menambah jumlah kader dan komunitas masyarakat yang dibina dengan menggunakan anggaran swadaya Desa. Pada tahun 2020, Desa Tamboo telah menambah jumlah Kader Keamanan Pangan sebanyak 8 orang dan Komunitas Masyarakat yang dibina sebanyak 30 orang. Selain itu, kami juga melaksanakan kegiatan Keamanan Pangan secara mandiri diantaranya Sosialisasi Keamanan Pangan untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Penempelan Stiker/Brosur ke Warung & Rumah Masyarakat, Sosialisasi dan Observasi Industri Rumah Tangga Pangan dan Uji Cepat Bahan Berbahaya pada Makanan.

“Agar keamanan pangan di Desa Tamboo selalu terjamin, kami telah menganggarkan secara khusus Program Desa Pangan Aman di APB Desa selama 6 tahun, dimulai dari tahun 2021. Hal ini merupakan komitmen kami untuk mewujudkan keamanan pangan mandiri di Desa Tamboo sebagai wujud kecintaan kami kepada masyarakat.” ungkapnya. Kisman berharap hasil verifikasi yang dilakukan oleh tim penilai sesuai dengan harapan dan dapat membawa Desa Tamboo sebagai Juara Pertama Lomba Desa Pangan Aman Nasional.

 

Balai POM di Gorontalo